ABDUL QADIR ALJAILANI

ABDUL QADIR AL JAILANI 1

يا بُنَيَّ إنَّ المُصِيبَةَ ما جاءَتْ لِتُهْلِكَكَ، وإنَّما جاءَتْ؛ لِتَمْتَحِنَ صَبْرَكَ وإيمانَكَ

(الآداب الشرعية 2/182)

Wahai anakku, musibah tidak datang untuk membinasakanmu. Sebaliknya hanya untuk menguji kesabaran dan keimananmu


[Abdul Qodir Al Jailani رحمه الله]
Dikutip dari telegram link kitab aswaja

•┈◎❅❀❦💻💻❦❀❅◎┈•

ABDUL QADIR AL JAILANI 2

۞۞۞ **بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ** ۞۞۞

🍃 Nafsu seseorang selalu menentang dan membangkang. Maka barangsiapa ingin menjadikannya baik, hendaklah ia bermujahadah, berjuang melawannya, sehingga terselamatkan dari kejahatannya. Hawa nafsu semuanya adalah keburukan dalam keburukan, namun apabila telah terlatih dan menjadi tenang, berubahlah ia menjadi kebaikan di dalam kebaikan.

~~ abdul qadir al-jailani ~~

📱📱 Sekilas Kata 📱📱

ABDUL QADIR AL JAILANI 3

MEMAHAMI MAKNA IKHLAS BERAMAL

Menurut Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, keihkhlasan merupakan pangkal diterimanya ibadah. Karena itu, pada setiap kali majelis pengajian beliau di madrasahnya di Baghdad, tema ikhlas dalam beribadah menjadi pokok bahasan utama.

Syekh  Abdul Qadir Al-Jailani mengatakan: “Kalian harus ikhlas dalam beramal. Palingkanlah pandangan terhadap amal yang telah kalian kerjakan. Jangan pernah berharap ganti dari pemberian kalian itu. Beramallah karena Allah. Dan, jadilah orang yang mengharap ridha-Nya.

Ketika kalian berbicara, maka bicaralah dengan niat yang tulus. Jika kalian diam, diamlah dengan niat yang tulus. Karenanya, setiap amal yang tidak diawali dengan niat, amalnya akan sia-sia.

Di antara tanda atau ciri-ciri ikhlas adalah, kalian tidak terpengaruh dengan pujian dan cacian orang lain. Ikhalas juga bermakna memembuang kesombongan dalam diri. Maka, sedikit pun kalian jangan pernah merasa sombong dengan amal kalian! Karena kesombongan dapat menghapus dan melenyapkan pahala amal kalian.” Maka, marilah memohon kepada  Allah agar kita diberi pertolongan dan keikhlasan hati dalam mengerjakan amal shaleh. Kita tidak akan pernah bisa bersabar melaksanakan shalat dan puasa, jika kita tak meminta pertolongan-Nya.

◾(Kitab Fathu Rabbani karya Syekh Abdul Qadir Al-Jailani)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PESAN SAYYIDIL HABIB UMAR BIN HAFIDZ DI BULAN RAJAB

6 WASIAT WALI ABDAL"

NASEHAT  NASEHAT  Imam Al ’Aydarus