13 Kalam Guru Sekumpul (Syeh Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari) ๐Ÿ’œ๐ŸŽ€

 ๐ŸŽ€๐Ÿ’œ 


1.๐Ÿ’œ Syakaratul maut itu mudah bagi orang yang rajin membaca istighfar


2.๐Ÿ’œ Tiap orang sholawat pasti ba'dzikir, tapi lamun ba'dzikir kada tantu sholawat, yang penting amalnya kada pandirnya. Gawinya nang iya.


3.๐Ÿ’œ Sesungguhnya yang namanya orang cinta dengan guru bukanlah orang yang selalu dekat dan sering duduk di samping guru, bukan itu. Tapi, orang yang cinta dengan guru itu adalah yang selalu mendengarkan dan menyimak kalam dari guru dan mengamalkannya, dan selalu mutaaba'ah mengikuti semua perbuatan, adab, dan ucapan guru-gurunya.


4.๐Ÿ’œ Apabila ada yg memaki kita, janganlah kita memaaki balik, sabarlah, jaga adab sebagai orang berilmu. Jadilah seperti kayu gaharu, apabila dibakar, semerbak bau wanginya.


5.๐Ÿ’œ Tidak akan pernah bertemu Rasulullah di dunia ataupun di akhirat orang yg durhaka/berkhianat kepada gurunya.


6.๐Ÿ’œ Karomah adalah anugerah, murni pemberian Allah, bukan suatu keahlian atau skill. Karena itu jangan pernah berfikir atau berniat untuk mendapatkan karomah dengan melakukan ibadah atau wiridan-wiridan. Karena karomah yg paling mulia dan tinggi nilainya adalah istiqomah di jalan Allah.


7.๐Ÿ’œ Orang yang mengharap Ma'rifat kepada Allah, tidak boleh menghina makhluk, karena makhluk adalah Af'al Allah.


8.๐Ÿ’œ Orang nang bujur-bujur sholeh, itulah nang harusnya dijadikan pasangan atau menantu walaupun keadaannya susah dan miskin. Karena solehnya itulah nang akan jadi panutan iwan penyelamat gasan anak kita, bukan kekayaannya.


9.๐Ÿ’œ Orang yg beriman, ketika tertimpa musibah, menganggap itulah hari raya baginya, karena dosanya dibersihkan oleh Allah.


10.๐Ÿ’œ Khusus jam 2 malam sampai subuh adalah majelis orang sholeh. Bangunlah walau sebentar, supaya dapat madad mereka. Karena pada jam itu, semua auliya bangun, berdoa untuk muslimin-muslimat.


11.๐Ÿ’œ Apabila engkau melihat hati engkau pengarasan, badan engkau capek dan rezeki engkau sulit, ketahui olehmu bahwa engkau berbicara yg tidak diridloi Allah.


12.๐Ÿ’œ Bersedah apabila riya' kita tidak dapat pahala sedekah itu. Tapi pintangan menyenangi hati orang yang menerimanya, di situ kita dapat pahalanya.


13.๐Ÿ’œ Jika kadada murid syeikh Hasan Genggong yang ujlah ke gunung-gunung dan hutan,  maka hancur indonesia, sebab banyak maksiat. Cuma yg ujlah itu jadi tongkat-tongkat ke langit, kita kada melihat percaya barang kepada yang melihat.


๐ŸŽ€ Semoga kita mendapatkan sir, madad, berkah beliau dan maziyah daripada beliau.


Aamiin yaa robbal'alamin ๐Ÿคฒ

        ๐ŸŽ€๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐ŸŽ€

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PESAN SAYYIDIL HABIB UMAR BIN HAFIDZ DI BULAN RAJAB

6 WASIAT WALI ABDAL"

NASEHAT  NASEHAT  Imam Al ’Aydarus